Mark Carney: Gubernur Bank Sentral Kanada

User Rating: / 8
PoorBest 

carney.jpgDalam usianya yang tergolong muda yaitu 43 tahun, Mark Carney dikenal sebagai wakil Kanada dalam berbagai pertemuan ekonomi tingkat internasional seperti G20 & G8. Kinerjanya sebagai Gubernur Bank Sentral Kanada juga terbilang baik.  Ya kali ini kita ingin mengenal sosok Gubernur Bank Sentral Kanada yang terbilang masih muda dan sangat berdedikasi terhadap pekerjaannya.


Biografi
Mark Carney dilahirkan di Fort Smith, Northwest Territories pada tanggal 16 Maret 1965. Beliau merupakan Gubernur Bank of Canada berdasarkan isi Section 9 UU Bank of Canada. Dia mulai bertugas pada tanggal 1 Februari 2008 untuk masa tugas 7 tahun. Carney adalah Gubernur Bank Sentral termuda dari kelompok negara-negara G8. Kelompok negara G8 terdiri dari Kanada, Perancis, Jerman, Itali, Jepang, Rusia, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.


Ayahnya merupakan profesor sejarah di University of Alberta. Carney mendapat gelar sarjana ekonomi dari Harvard University tahun 1988. Dia lalu melanjutkan ke Nuffield College, Oxford untuk mendapat gelar master ekonomi tahun 1993 dan gelar Doktor Ekonomi tahun 1995 di Oxford University.

Karir
Sebelum bergabung ke kantor pelayanan publik, Carney bergabung dengan perusahaan Goldman Sachs di kantor London, Tokyo New York dan Toronto.Goldman Sachs Group, Inc., atau disebut juga Goldman Sachs merupakan perusahaan bank investasi global, sekuritas, dan manajemen investasi. Goldman Sachs didirikan tahun 1869 dan berkantor pusat di Lower Manhattan didaerah New York City.
 
Di Goldman Sachs posisi Carney adalah di posisi senior untuk koordinator kepala resiko kredit, merangkap direktur eksekutif untuk penyelesaian hutang dan juga direktur bank investasi. Di cabang Afrika Selatan, ia bekerja sebagai pengawas pasar obligasi, dan juga terlibat dalam penyelesaian krisis keuangan Rusia pada tahun 1998. 

Lalu Carney diangkat menjadi wakil gubernur Bank of Canada from August 2003 - November 2004. Selanjutnya dia diangkat menjadi Senior Associate Deputy Minister of Finance (Wakil Menteri Keuangan). Carney juga merangkap sebagai perwakilan negara Kanada dalam pertemuan G7, G20, dan Financial Stability Forum.

Keluarga
Carney menikah dengan Diana, seorang ahli ekonomi pada perusahaan Third World. Mereka telah menikah dan dikaruniai 4 anak. Kediaman Carney dan keluarga berada di Rockcliffe Park, Ottawa, Kanada.

Belajarforex Says

Carney dipercaya penuh untuk menjadi wakil Kanada di pertemuan G7, G20, dan Financial Stability Forum diusianya yang masih muda. Selain itu beliau dipercaya BoC sebagai Gubernur. Sungguh prestasi mengagumkan. Pembaca mari kita tiru semangat dan produktifitas Carney dalam berkarya dalam kehidupan ini. 
 
Related Link
http://www.bank-banque-canada.ca/en/bios/carney.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Mark_Carney
http://www.bank-banque-canada.ca/en/press/2007/pr07-27.html

 

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh