John Meriwether: Pemimpin Long Term Capital Management

User Rating: / 7
PoorBest 

john_meriwether.jpg Archimedes pernah berkata bahwa ia dapat menggerakan dunia dengan sebuah kayu panjang yang diungkit oleh dua batu yang dikenal dengan konsep Leverage. Kemudian ribuan tahun setelah itu, John Meriwether dengan perusahaan Long-Term Capital Management LP nya berhasil menunjukan kepada dunia bahwa Leverage dapat meningkatkan keuntungan saat bertrading demikian juga dengan resikonya. 

Dengan modal $ 4,8 milyar dollar, Meriwether mengelolanya dengan menempatkan US$160 juta dalam investasi saham dan obligasi ditambah dengan derivatif investasi lainnya senilai US$1 triliun. Sesuatu yang tidak wajar dan juga sangat spekulatif.

John Meriwether lahir pada 10 Agustus 1947 di Chicago, Illinois adalah seorang ahli keuangan Amerika dari Wall Street. Beliau merupakan penemu konsep "fixed income arbitrage" atau pendapatan tetap dari bertrading dengan dua buah posisi berlawanan (cross Hedge) dengan tujuan mendapatkan bunga premium yang positif. Dia lulus dari Northwestern University (gelar Sarjana Ekonomi) dan mendapatkan gelar MBA pada University of Chicago Graduate School of Business. Ketika kuliah di University of Chicago, John bersahabat dengan Jon Corzine(seorang eksekutif di Goldman Sachs saat ini).

Setelah lulus, Meriwether pindah ke New York City, dimana ia bekerja sebagai trader obligasi di Salomon Brothers, Inc. Di perusahaan itu Meriwether mengepalai divisi fixed income arbitrage yang berjumlah 80 orang. Setelah itu Meriwether menjadi wakil presiden Direktur perusahaan tersebut pada tahun 1988. Malangnya, Meriwether terlibat skandal trading saham, diharuskan membayar $50.000 dan dipecat dari perusahaan tersebut. Setelah dipecat, ia mendirikan perusahaan Long-Term Capital Management(trading dengan Hedging) di Greenwich, Connecticut tahun 1994. Perusahaan tersebut bangkrut pada tahun 1998.

Sebuah buku When Genius Failed: The Rise and Fall of Long-Term Capital Management menjelaskan secara detil mengenai bangkrutnya Long-Term Capital Managements. Setelah semua kegagalan itu, Meriwether menjalankan perushaan JWM Partners LLC, di Greenwich, Connecticut, unit usaha berdasar Hedge yang mengelola dana sebesar 400 juta dollar tahun 1999. Lalu pada tahun 2007 lalu dana yang dikelola mencapai $ 3 milyar. Lalu pada tanggal 19 Maret 2008 lalu hasil pengelolaan dana dari JWM Partners yang diberikan ke nasabahnya mencapai 24% per bulan.

Hobi
John Meriwether juga memiliki pacuan kuda Thoroughbred  selama beberapa tahun dan juga menjadi Dewan Direktur New York Racing Association (NYRA) (asosiasi pacuan kuda). Ia mengontrak pemain pacuan Buckhar, yang memenangkan kompertisi pacuan Washington, D.C. International Stakes pada tahun 1993.

Performance

  • Wakil Ketua divisi Trading Obligasi di Salomon Brothers, perusahaan investasi terbesar menurut Wall Street
  • Pemenang Nobel LTCM - penghargaan Myron Scholes dan Robert Merton selama menjabat sebagai direktur dengan penghasilan fix income bagi nasabahnya sebesar 40% setahun.
  • Pada bulan Mei - September 1998 menderita kerugian sebesar $ 4,6 milyar dollar (2,3 milyar pound) dan juga membuat krisis global.


Link :
http://herdst.com/forumtopic/?id=1531&page=1

 

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh