Jerome Kerviel: Trader Societe Generale

User Rating: / 11
PoorBest 

jerome2.gifSeorang pemuda berusia 31 tahun telah mencetak sejarah baru, Jerome Kerviel, seorang trader Perancis, telah menghanguskan uang & euro; 4,9 milyar (atau sebesar Rp. 67 trilliun). Jerome Kerviel telah melakukan aksi pembobolan di tempat kerjanya, Societe Generale (Bank kedua terbesar di Perancis). Aksi ini dilakukan Jerome pada Januari tahun 2008. Karena aksinya ini Jerome pada akhirnya harus mendekam di dalam penjara selama beberapa waktu. Menurut beberapa sumber, ia telah dilepaskan kembali pada bulan Maret 2008 lalu tetapi di bawah pengawalan yang sangat ketat.

Walaupun dituduh telah merugikan Societe Generale, bahkan sebagai aksi spekulasi terbesar yang menyebabkan kerugian atas institusi perbankan di seluruh dunia selama sejarah, Jerome mengatakan siap menjelaskan apa detail pada saat diinterogasi.

Dibalik tindakannya yang dituding sangat merugikan intitusi tempatnya bekerja, tindakan Jerome dinilai telah menyetir perekonomian dunia yang membawa pada keselamatan. Chairman SocGen (Societe Generale), Daniel Bouton, mengatakan, ulah Kerviel telah menjerumuskan pasar saham Eropa pada saat itu. Saham SocGen terutama di Jerman langsung jatuh, sehingga mendorong kepanikan di seluruh bursa. Yang pada akhirnya “memaksa” the Fed mengambil tindakan dengan menurunkan suku bunga hingga 75 basis poin untuk mencegah merembetnya kerontokan bursa Eropa ke Wall Street. Bahkan beberapa ekonom AS mengelu-elukan Jerome Kierval sebagai sang penolong.

Profile:
Jerome Kerviel adalah seorang trader Perancis kelahiran 11 Januari 1977. Jerome pada Januari 2008 diklaim telah merugikan Societe Generale (Bank kedua terbesar di Perancis) 4,9 milyar. Jerome termasuk dalam 10 besar “rogue trader” yang menyebabkan kerugian atas institusi. Rogue trader adalah istilah untuk seseorang yang menggunakan dana institusi tanpa memiliki otoritas untuk itu.

Jerome Kerviel tumbuh dalam keluarga yang sederhana, dimana ibunya adalah seorang pensiunan penata rambut sedangkan ayahnya seorang pandai besi yang telah meninggal tahun 2006 silam. Kerviel juga telah menikah, tetapi untuk saat ini ia tinggal berpisah dengan istrinya.

Kerviel tamat dari Universitas Lumiere Lyon 2 pada tahun 2000 dengan gelar master di bidang keuangan, spesialisasi pada pengorganisasian dan pengontrolan pasar keuangan. Sebelumnya juga Kerveil telah menerima gelar Sarjana pada bidang yang sama, yaitu keuangan dari Universitas Nantes.

Karier:
Jerome Kerviel memulai kariernya di bank Societe Generale pada musim panas tahun 2000. Di tahun 2005, ia dipromosikan sebagai Junior Trader setelah mengikuti pelatihan berbagai macam program trading seperti index, swap, dan kuantitatif trading. Gubernur bank sentral Perancis, Christian Noyer menyebut-nyebut Kerviel sebagai seorang genius komputer. Namun, menurut Kerviel pribadi, sumber daya manusia di tempatnya bekerja adalah hanya orang – orang biasa. Tidak ada yang luar biasa dari rekan-rekan kerjanya.


Belajarforex says:
Entah apa yang ada di pikiran Jerome Kerviel, tetapi yang pasti tindakannya itu telah membawa kebangkrutan di tempatnya bekerja. Hal ini dapat dilakukannya karena Kerviel menguasai sistem di tempat kerjanya dengan sangat baik dan mampu menganalisa kelemahannya. Namun, terlepas dari sisi negatif yang ditimbulkan bagi institusi tempatnya bekerja, Jerome Kerveil merupakan salah satu pemecah rekor karena di usia yang masih sangat muda ia mampu mengendalikan dan menyelamatkan perekonomian dunia secara tidak sengaja :)

References:
http://en.wikipedia.org/wiki/Jerome_kerviel
http://www.telegraph.co.uk/money/main.jhtml?xml=/money/2008/01/24/bcnsocgen924.xml
http://www.jeromekerviel.com/
http://www.detikfinance.com/read/2008/01/25/095937/883928/68/jerome-kerviel-si-pembobol-socgen-rp-67-triliun
http://criticalglobalisation.blogspot.com/2008/03/studi-kasus-jerome-kerviel-pembobol-rp.html

 

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh