Jean-Claude Trichet: European Central Bank President

User Rating: / 16
PoorBest 
Jean-Claude Trichet (dilahirkan pada tanggal 20 Desember 1942) adalah seorang bankir yang lahir di Lyon, Perancis dan merangkap sebagai insinyur dan manajer di sekolah pasca sarjana di École des Mines de Nancy. Sebelumnya dia mengajar di Institut d'etudes politiques de Paris (yang dikenal juga sebagai Sciences Po) dan juga Ecole nationale d'administration, yang merupakan dua buah univeristas bidang politik terkenal di Perancis.
 
Pada tahun 1993 dia menjabat sebagai Gubernur Banque de France. Pada tanggal 1 November 2003 dia menggantikan Wim Duisenberg sebagai Presiden European Central Bank. Wim sendiri telah bekerja selama 4 tahun (setelah kalah dalam pemilihan). Trichet sangat didukung oleh Presiden Perancis saat ini Jacques Chirac. 

Pada bulan Desember 2007, Jean-Claude Trichet dinobatkan sebagai "Person of the Year" oleh Financial Times karena kinerjanya terbilang cepat dalam mengatasi krisis subprime.


Skandal Bank

Pada bulan Januari 2003 Trichet dan delapan orang lain dinyatakan terlibat dalam kasus kredit di bank lokal terbesar kala itu Credit Lyonnais. Pada bulan Januari 2003, Trichet dinyatakan tak bersalah dan ia kemudian mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di ECB.


Data & Fakta :

Jean-Claude Triche

Lahir pada tahun 1942 di Lyon

Lulus dari Institut d'Etudes Politiques, Paris dengan bidang ilmu ekonomi dan teknik.

1971-1978 : Menjabat sebagai Menteri Keuangan

1878-1981 : Bekerja sebagai konsultan pemerintahan

1984-1993 : Bekerja sebagai Bendahara Negara, dan menjadi kepala Bendahara pada tahun 1987

1987 : bergabung dengan Banque de France, lalu menjadi Gubernur IMF dan World Bank.

1993 : Menjadi Gubernur Banque de France.

2000 : Ditangkap karena dituduh melakukan penggelapan dana di Banque de France.

2002 : Dimasukan ke dalam penjara

2003 – sekarang : Diketahui tak bersalah lalu dibebaskan dan menjabat sebagai Presiden ECB menggantikan Wim Duisenberg.

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2004, Trichet mengemukakan pendapatnya tentang nilai mata uang yang sehat (good currency) dengan menstabilkan tingkat suku bunga 12 negara Eropa dengan target inflasi dibawah 2%. Saat ditanya mengenai caranya memonitor nilai inflasi keduabelas negara Eropa, dia mengumpamakan sebagai ECB sebagai kapten tim dan 12 bank sentral sebagai pemain di lapangan.

Disebutkan lagi, ECB dan “kedua belas pemain lain” bersama-sama menjaga kestabilan mata uang Euro dan juga nilai suku bunga Uni Eropa. 
 

References :
http://en.wikipedia.org
http://www.ecb.int
http://www.ecb.int2
 

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh