Glenn Robert Stevens: Gubernur Bank Sentral Australia

User Rating: / 6
PoorBest 

  glenn_stevens.jpg
Glenn Robert Stevens adalah seorang ahli ekonomi Autralia dan juga Gubernur Bank Sentral Australia (Reserve Bank of Australia/RBA).

Pendidikan

Stevens lahir di Sydney pada tahun 1958. Ia mendapat gelar sarjana ekonomi pada University of Sydney dengan predikat terbaik pada tahun 1979. Setelah itu ia mengambil tingkat master di University of Western Ontario.

 

Karir
Stevens sempat bekerja sebagai pegawai bank pada tahun 1990. Ia mendapat kesempatan untuk menjadi duta pertukaran pelajar melalui perantaraan Federal Reserve Bank San Francisco. Setelah itu ia mendapay posisi kerja sebagai kepala Economic Analysis Department, kepala International Department, dan asisten gubernur RBA (bidang ekonomi) pada tahun 1996-2001. Lalu pada bulan Desember 2001 ia menjadi wakil gubernur RBA.

Lalu Stevens menggantikan Ian Macfarlane yang mengundurkan diri pada bulan September 2006, setelah 10 tahun lamanya ia menjabat Gubernur RBA. Glenn berkomitmen untuk meneruskan visi Macfarlane yaitu menjadikan RBA sebagai lembaga independen, target inflasi 2-3%, dan bertanggung jawab terhadap kebijakan tingkat suku bunga Ausi.

Menteri Keuangan Peter Costello mengangkat Stevens sebagai Gubernur RBA terpilih pada tanggal 18 September 2006 dengan masa tugas selama 7 tahun.

Personal Life
Stevens adalah seorang Kristen, dan melayani di gereja Baptis lokal sebagai pemain gitar. Waktu luang ia habiskan di Sutherland Shire, pangkalan udara di Ausi. Ia mendapat ijin terbang(sebagai pilot) dan lisensi dari Commercial Pilot License (CPL) dan Command Instrument Rating (CIR). Pesawat yang sering ia gunakan adalah Piper PA-34 Seneca.

Biodata
Sebelum menjabat sebagai Gubernur RBA, Stevens menjabat sebagai pimpinan Payments System Board, Council of Financial Regulators dan Financial Markets Foundation for Children di sebuah perusahaan pemerintah. Ia juga pernah menjabat sebagai direktur dari The Anika Foundation dan anggota dari Advisory Council of the Australian School of Business pada University of New South Wales.

Pendidikan : University of Sydney (BEc Hons 1979) dan University of Western Ontario (MA 1985).

1980–92 :  Riset Departemen RBA, lalu mendapat fasilitas pertukaran pelajar dari Federal Reserve Bank of San Francisco tahun 1990.

1992-1995 : Kepala Analis Departemen Ekonomi Ausi

1995-1996 : Kepala Departemen Internasional.

1996-2001 : Asisten Gubernur (bidang ekonomi).

2001-2006 : Wakil Gubernur

18 Sept. 2006-kini : Gubernur RBA

Link :
http://en.wikipedia.org/wiki/Glenn_Stevens
http://www.rba.gov.au/AboutTheRBA/Structure/governor.html

 

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh