University of Michigan Consumer Sentiment Index

User Rating: / 1
PoorBest 
Overview
University of Michigan Consumer Sentiment Index adalah hasil survey tentang kepercayaan konsumen yang diselenggarakan oleh University of Michigan. Merupakan indikator kepercayaan konsumen Amerika yang paling banyak diperhatikan.
Indikator ini menaksir kepercayaan konsumen terhadap keuangan pribadi, kondisi bisnis dan daya beli konsumen berdasar survey yang dilakukan terhadap konsumen melalui telepon. University of Michigan Confidence memberikan data utama yang penting terhadap sentimen konsumen di Amerika. Pooling survey dibuat berdasar sampel kecil dan akan dimasukan lagi dalam data Conference Board Consumer Confidence Index.
Penurunan tingkat upah akan membuat nilai upah dan gaji menjadi relatif menurun dan nantinya akan membuat nilai consumer spending akan menurun.  Penurunan atau jatuhnya nilai U Mich Sentiment akan membuat nilai perekonomian akan menurun. Hasilnya, para investor, ritel dan para trader dan semua sektor bisnis akan terpengaruh. Nilai UMich juga akan mempengaruhi GDP.
Kepercayaan konsumen adalah indikator penting bagi siklus bisnis karena menyajikan informasi penting tentang penilaian konsumen terhadap kondisi saat ini dan harapan pada masa mendatang.  Umumnya, kepercayaan konsumen tinggi jika tingkat pengangguran rendah dan tingkat pertumbuhan GDP tinggi. Pasar-pasar finansial menerjemahkan naiknya angka indeks ini sebagai indikasi akan naiknya pula tingkat pengeluaran konsumen. Tingginya tingkat pengeluaran pada gilirannya nanti akan dapat memicu naiknya tingkat inflasi.

U.  of Michigan  Confidence (Preliminary)
Nilai U.  of Michigan  Confidence mencakup 60% dari nilai final dan data ini berguna bagi aktifitas keuangan.

Published
Indikator ini(dan juga revisi finalnya) dipublikasikan oleh University of Michigan pada hari Jumat minggu terakhir setiap bulannya pada pukul 21.45 WIB. Untuk laporan prelimenary dirilis pada hari Jumat pada minggu kedua  
   
Consist of
Indikator ini disusun berdasar survey melalui telepon terhadap sejumlah konsumen. Data yang disurvey adalah keadaan keuangan, kondisi bisnis dan daya beli masyarakat(tingkat consumer spending) saat ini.
Data survey diambil dengan cara mengeposkan kuesioner ke 5.000 rumah tangga di seluruh negeri sebagai sampel yang mewakili, kurang lebih 3.500 diantaranya merespon. Kuesioner tersebut berisi 5 pertanyaan yaitu (1) rating kondisi usaha di lingkungan rumah tangga tersebut, (2) rating kondisi usaha dalam enam bulan, (3) ketersediaan lapangan kerja di lingkungan rumah tangga tersebut, (4) ketersediaan lapangan kerja dalam enam bulan, dan (5) penghasilan keluarga dalam enam bulan. Consumer Confidence ini berhubungan erat dengan tingkat pengangguran, inflasi, dan penghasilan riil.

Importance
Nilai consumer confidence versi Michigan akan bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana keinginan dan kemampuan konsumen untuk melakukan konsumsi. Jika nilainya naik atau turun pasti akan mempengaruhi sentimen bisnis lainnya seperti tingkat upah dan gaji. Para trader dan investor menggunakan indikator ini untuk mengetahui perkembangan perekonomian dewasa ini seperti halnya GDP.

Belajarforex Says
Informasi dari survey Michigan ini dapat membantu kita mengetahui sejauh mana kemampuan atau daya beli konsumen di Amerika. Kita bisa mengetahui gerak lurus beraturan yaitu jika nilai  University of Michigan Consumer Sentiment Index naik maka nilai mata uang USD akan mengalami kenaikan.

Related Link :
http://www.umich.edu/
http://www.sca.isr.umich.edu/
http://www.fxwords.com/u/university-of-michigan-sentiment-united-states.html
 

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh