Pertumbuhan Ekonomi AS Ditanggapi Positip, Didukung Sektor Investasi

User Rating: / 1
PoorBest 

altInvestor A.S. menggadaikan saham-saham dan emas mereka dan menggantikannya dengan uang tunai menjelang minggu terakhir bulan September ini, menunjukkan kehati-hatian bahkan saat tren pasar lebih tinggi.

Lebih dari $ 16 miliar berlindung pada dana pasar uang yang berisiko rendah di A.S. selama tujuh hari sampai 27 September. Nilai investasi pada emas dan aset sejenis, menghasilkan $ 977 juta, terbesar sejak Juli 2016.

Reksadana saham dan dana yang diperdagangkan di bursa, sebaliknya, mencatat penarikan sebesar $ 9,7 miliar, dianggap sebagai arus keluar terbesar untuk kelompok dana sejak Juni.

Roseen mengatakan bahwa investor beralih ke area pasar yang kurang dicintai, termasuk bank-bank yang dapat memperoleh keuntungan dari tingkat bunga yang lebih tinggi dengan memberikan pinjaman pada tingkat yang lebih tinggi. Dana saham sektor keuangan dan bank menarik $ 599 juta selama seminggu, terbesar sejak Juli, menurut Lipper.

Presiden Donald Trump pada hari Rabu mengajukan rencana reformasi pajak AS yang telah diantisipasi investor sejak kemenangan presiden 2016-nya, meminta pemotongan pajak untuk kebanyakan orang Amerika, namun mendorong kritik bahwa rencana tersebut menguntungkan bisnis dan orang kaya dan dapat menambahkan triliunan dolar ke defisit .

Perekonomian A.S. tumbuh sedikit lebih cepat dari perkiraan sebelumnya pada kuartal kedua, mencatat laju tercepat dalam lebih dari dua tahun, namun momentum tersebut mungkin melambat pada kuartal ketiga karena Hurricanes Harvey dan Irma menahan aktivitas untuk sementara waktu.

Produk domestik bruto meningkat pada tingkat tahunan 3,1 persen pada periode April-Juni, Departemen Perdagangan mengatakan dalam perkiraan ketiga pada hari Kamis. Revisi ke atas dari tingkat pertumbuhan 3,0 persen yang dilaporkan bulan lalu mencerminkan tingkat investasi yang sedikit lebih cepat.

Pertumbuhan kuartal terakhir merupakan yang tercepat sejak kuartal pertama 2015 dan mengikuti laju 1,2 persen pada periode Januari-Maret. Para ekonom memperkirakan bahwa tingkat pertumbuhan PDB kuartal kedua akan tidak direvisi sebesar 3,0 persen.

Harvey, yang melanda Texas, telah disalahkan atas sebagian besar penurunan penjualan ritel, produksi industri, pembangunan rumah dan penjualan rumah pada bulan Agustus. Kelemahan lebih lanjut diantisipasi pada bulan September setelah Irma membanting ke Florida awal bulan ini.

Pembangunan kembali, bagaimanapun, diperkirakan akan mendorong pertumbuhan PDB pada kuartal keempat dan di awal 2018. Perkiraan tingkat pertumbuhan pada periode Juli-September hanya di atas 2,2 persen.

Namun, mereka dapat meningkat setelah laporan lain dari Departemen Perdagangan pada hari Kamis menunjukkan penurunan defisit perdagangan barang pada bulan Agustus serta kenaikan besar pada persediaan eceran dan grosir.

Harvey dan Irma terus mempengaruhi pasar tenaga kerja dan diperkirakan akan mengurangi pertumbuhan lapangan kerja bulan ini. Dalam laporan ketiga, Departemen Tenaga Kerja mengatakan klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara meningkat 12.000 ke penyesuaian musiman 272.000 untuk pekan yang berakhir 23 September.

Namun, pasar tenaga kerja tetap kuat. Klaim sekarang berada di bawah ambang batas 300.000, yang dikaitkan dengan pasar tenaga kerja yang kuat, selama 134 minggu berturut-turut. Itu adalah peregangan terpanjang sejak tahun 1970, ketika pasar tenaga kerja melemah.

Harga untuk obligasi pemerintah A.S. menahan kerugian setelah data dan dolar turun ke sesi terendah terhadap sekeranjang mata uang. Indeks saham di bursa berjangka A.S. diperdagangkan lebih rendah.

Dengan kenaikan PDB pada kuartal kedua, ekonomi tumbuh 2,1 persen pada paruh pertama 2017. Namun, para ekonom percaya bahwa pertumbuhan tahun ini tidak akan melanggar target 3,0 persen dari Donald Trump yang dianggap ambisius.

Trump pada hari Rabu mengusulkan perombakan pajak A.S. terbesar dalam tiga dekade, termasuk menurunkan tingkat pajak penghasilan badan menjadi 20 persen dan menerapkan tarif pajak baru 25 persen untuk bisnis eperti kemitraan untuk meningkatkan perekonomian.

Namun rencana tersebut memberikan beberapa rincian tentang bagaimana pemotongan pajak akan dibayarkan tanpa meningkatkan defisit anggaran dan hutang nasional, menyiapkan apa yang diperkirakan akan menjadi pertempuran yang sengit di Kongres A.S.

Pertumbuhan belanja konsumen, yang menghasilkan lebih dari dua pertiga dari ekonomi A.S., tidak direvisi pada tingkat 3,3 persen pada kuartal kedua karena peningkatan pengeluaran untuk layanan diimbangi oleh revisi ke bawah terhadap pengeluaran barang tahan lama. Belanja konsumen pada kuartal kedua merupakan yang tercepat dalam setahun.

Di tengah pengeluaran konsumen yang kuat, bisnis mengumpulkan persediaan sedikit lebih banyak daripada yang laporan sebelumnya yang bertujuan untuk memenuhi permintaan yang kuat. Investasi dalam barang-barang persediaan naik lebih dari sepersepuluh bagian terhadap pertumbuhan PDB pada kuartal kedua, yang sebelumnya dilaporkan telah netral.

Pertumbuhan belanja bisnis untuk peralatan tidak berubah pada tingkat 8,8 persen, laju tercepat dalam hampir dua tahun. Investasi pada struktur non-residensial direvisi untuk menunjukkan kenaikan pada tingkat 7,0 persen, naik dari tingkat 6,2 persen yang dilaporkan sebelumnya.

Kedua pertumbuhan ekspor dan impor direvisi sedikit lebih rendah. Neraca Perdagangan menyumbang dua persepuluh bagian terhadap pertumbuhan PDB kuartal lalu. Perumahan adalah hambatan pertumbuhan yang sedikit lebih besar pada kuartal terakhir dari yang dilaporkan sebelumnya.

Pemerintah juga secara tajam merevisi turunnya pertumbuhan laba perusahaan untuk kuartal kedua. Keuntungan setelah pajak dengan penilaian persediaan dan penyesuaian konsumsi modal meningkat pada tingkat 0,1 persen, bukan dari laju 0,8 persen yang dilaporkan sebelumnya.

Sumber : http://vibiznews.com/2017/09/29/pertumbuhan-ekonomi-as-ditanggapi-positip-didukung-sektor-investasi/

 

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh