Bursa Eropa Positif Setelah Keputusan ECB

User Rating: / 0
PoorBest 
alt

Pasar Saham Eropa ditutup menguat pada hari Kamis (26/10) setelah Bank Sentral Eropa (ECB) mengumumkan rencana perpanjangan program stimulus, namun juga mengurangi pembelian obligasi. Indeks FTSE berakhir pada 7486.50, naik 39,29 poin atau 0,53%. Indeks DAX berakhir pada 13133.28, naik 179,87 poin atau 1,39%. Indeks CAC berakhir pada 5455.40, naik 80,51 poin atau 1,50%.

Indeks Pan-European Stoxx 600 ditutup sementara lebih tinggi, dengan hampir semua sektor di wilayah positif setelah pengumuman tersebut. Indeks STOXX 600 memperpanjang kenaikan, setelah saham A.S. memulai hari perdagangan sebagian besar di wilayah positif.

ECB mengatakan akan mengurangi tingkat pembelian obligasi di setengah dari 60 miliar euro ($ 70,7 miliar) menjadi 30 miliar euro, dengan langkah tersebut diperkirakan akan dimulai pada awal 2018. Setelah pengumuman tersebut, euro turun terhadap dolar AS. , diperdagangkan turun sekitar 0,98 persen pada $ 1,169 pada 16:35 BST (11:35 a.m. ET).

Dalam pernyataan pengantar Draghi, dia mengatakan bahwa keputusan kebijakan moneter yang dibuat pada hari Kamis diambil untuk mempertahankan kondisi pembiayaan yang sangat baik yang masih diperlukan untuk tingkat pengembalian inflasi yang berkelanjutan ke tingkat yang di bawah, namun mendekati 2 persen.

Di tempat lain, di berita bank sentral, beberapa anggota Partai Republik telah meminta Presiden Donald Trump untuk tidak menunjuk kembali Ketua Federal Reserve Janet Yellen saat masa jabatannya berakhir pada bulan Februari. Dalam sebuah surat yang dikirim ke presiden, para legislator mengatakan kepada Trump bahwa kepemimpinan baru dibutuhkan di institusi tersebut untuk mendorong ekonomi maju.

Musim pendapatan terus menggerogoti sentimen investor pada hari Kamis, karena seluruh perusahaan induk mencatat angka keuangan terakhir mereka di Eropa dan saham Teknologi AS adalah pemain terburuk dalam perdagangan sore merosot lebih dari 0,6 persen, terseret oleh anjloknya saham Nokia. Perusahaan turun sebanyak 17 persen setelah melaporkan penjualan dan keuntungan jaringan di bawah konsensus.

Saham perbankan sebagian besar lebih tinggi, meski hasil yang lebih rendah dari perkiraan keluar dari sektor ini. Deutsche Bank membukukan kenaikan laba bersih yang lebih baik dari perkiraan. Laba bersih mencapai 649 juta euro ($ 768 juta) untuk kuartal ketiga. Namun saham turun hampir 1 persen karena pemberi pinjaman Jerman tetap kurang menarik daripada rekan-rekan internasionalnya.

Barclays bank Inggris melaporkan keuntungan yang lebih buruk dari perkiraan sebelum pajak untuk kuartal ketiga. Pemberi pinjaman turun lebih dari 7 persen dalam perdagangan. Di tempat lain di bank, CEO Deutsche Boerse Carsten Kengeter menginformasikan kepada dewan pengawas bahwa dia akan mengundurkan diri pada akhir 2017. Saham-saham tetap di wilayah positif. ABB melaporkan laba sedikit di atas ekspektasi, mengatakan fokusnya pada robot untuk industri makanan dan minuman telah terbayar. Itu naik lebih dari 2 persen.

Sementara itu, penyuling minyak Neste naik 9 persen, setelah melaporkan pendapatan kuartal ketiga yang mengalahkan ekspektasi pasar. Dalam laporan sementara untuk sembilan bulan pertama tahun 2017, Neste melihat laba operasi mencapai 875 juta euro, sementara CEO Matti Lievonen mengatakan bahwa perusahaannya berada di jalur yang tepat untuk menyatakan tahun yang sangat sukses.

Situasi di Catalonia melihat perkembangan baru saat Presiden Catalan Carles Puidgemont memutuskan untuk tidak melakukan pemungutan suara secara cepat. Puidgemont mengumumkan keputusan di parlemen Catalan. Pemimpin tersebut mendapat tekanan untuk bertindak sejak Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengancam akan meminta Pasal 155, sebuah langkah yang akan menangguhkan otonomi politik Catalonia.

Bursa IBEX Spanyol sedikit menguat, namun masih terlihat diperdagangkan naik lebih dari 1,4 persen. Indeks tersebut terlihat diperdagangkan pada 10.394 poin sebelum pengumuman Puidgemont, dan turun ke 10.292 setelah itu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak mencermati pergerakan bursa Asia dan AS, mengingat belum ada data yang kuat untuk menjadi penggerak di zona Eropa.

Sumber : http://vibiznews.com/2017/10/27/bursa-eropa-positif-setelah-keputusan-ecb/

 

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh