Bursa Eropa Naik Tipis, Kekhawatiran Politik Mereda

User Rating: / 0
PoorBest 

altBursa Saham Eropa membukukan sedikit keuntungan pada penutupan pada hari Selasa karena kekhawatiran politik mereda dan investor mencerna rilis data baru.

Indeks Pan-European Stoxx 600 berfluktuasi sepanjang perdagangan, sebelum ditutup naik 0,15 persen; karena sebagian besar sektor membalikkan kerugian untuk diperdagangkan pada perdagangan selanjutnya.

Indeks FTSE 100 Inggris naik 0,39 persen, sementara CAC 40 Prancis naik 0,32 persen. Bursa saham Jerman, ditutup pada hari Selasa, untuk hari libur nasional.

Indeks IBEX Spanyol adalah satu dari sedikit indeks yang melihat tekanan terus berlanjut sepanjang perdagangan, ditutup hanya naik 0,02 persen pada penutupan, karena ketidakpastian politik di Catalonia bertahan.

Kekhawatiran mereda sedikit setelah pemerintah di Madrid mengatakan bahwa mereka ingin bekerja sama dengan pihak lain untuk menyelesaikan masalah kemerdekaan Catalan. Namun, wilayah yang menyumbang sekitar 19 persen pertumbuhan Spanyol, merupakan tantangan politik besar bagi negara tersebut.

Di Inggris, data yang mengecewakan telah membebani saham pada awal perdagangan, namun kenaikan saham sumber daya dasar dan saham ritel yang terdaftar di London memungkinkan FTSE pulih. Indeks manajer pembelian untuk sektor konstruksi turun menjadi 48,1 dari 51,1 bulan sebelumnya, penurunan aktivitas pertama dalam lebih dari satu tahun.

Sementara itu, beberapa menit dari pertemuan komite kebijakan keuangan terakhir Bank of England mengungkapkan kekhawatiran atas Brexit. Keputusan untuk meninggalkan Uni Eropa meningkatkan risiko bagi perusahaan Inggris yang meminjam dari bank-bank Eropa, mereka menunjukkannya.

Melihat ke seluruh patokan Eropa, perusahaan Inggris Ferguson ditutup naik 4 persen. Ini terjadi setelah mengumumkan pembelian kembali saham senilai £ 500 juta ($ 663 juta) karena keuntungan yang lebih tinggi.

Sementara itu, saham Electrocomponents melonjak 5,4 persen, setelah mengeluarkan update perdagangan pada hari Selasa, yang menyatakan bahwa awal yang baik bagi perusahaan pada kuartal pertama, telah berlanjut ke Q2. Siemens Gamesa naik 5,18 persen setelah mendapat kontrak baru untuk memasok 13 turbin di Tiongkok. Periklanan multinasional dan perusahaan PR WPP turun sekitar 2 persen. Ini terjadi setelah Morgan Stanley menjual 22,5 juta saham dalam penawaran bookbuild yang dipercepat, menurut Reuters. Ericsson, Iberdrola dan BAE Systems semuanya jatuh jauh ke zona merah juga, setelah menerima rating downgrades.

Di sektor berita, ritel naik hampir 1 persen secara keseluruhan, dengan peritel Prancis dan Inggris khususnya membukukan kenaikan yang kuat, termasuk Casino Guichard, Carrefour dan Sainsbury’s. Ini terjadi setelah sebuah laporan oleh surat kabar Le Monde – yang mengutip sumbernya sendiri – menyatakan bahwa Amazon telah mendekati sejumlah operator supermarket Prancis.

Melihat komoditas, minyak dan sumber daya dasar masing-masing membukukan kenaikan sektor padat pada hari Selasa, dengan perusahaan minyak Tullow Oil melonjak 3,8 persen dan kenaikan harga logam. Meskipun terjadi kenaikan harga logam dan saham komoditas, harga minyak mentah tetap berada di bawah tekanan di sekitar pasar Eropa.

Sore nanti akan dirilis data ekonomi zona Eropa Markit Composite & Services September, juga Retail Sales Agustus yang diindikasikan meningkat.

Sumber : http://vibiznews.com/2017/10/04/bursa-eropa-naik-tipis-kekhawatiran-politik-mereda/

 

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh