Determining Support-Resistance with Simple Line

User Rating: / 42
PoorBest 
Baik. . .Hari ini kita akan belajar cara menentukan support dan resistance dengan menggunakan simple line. Nah, sebelum belajar cara menentukan, pertama-tama kita harus paham dulu apa pengertian dari support dan resistance.

Saudara, seperti yang telah kita pelajari bersama bahwa suatu trend (baik naik maupun turun) memiliki titik balik. Andaikan sebuah pergerakan harga dalam keadaan trend naik kemudian berganti menjadi trend turun, maka titik balik dari trend naik ke trend turun inilah yang disebut batas RESISTANCE. Sebaliknya titik dimana terjadi perubahan dari trend turun menjadi trend naik disebut batas SUPPORT.

Bagaimana cara menentukan batas support/resistance dengan simple line?

Cara ini merupakan cara yang paling sederhana dalam menentukan batas support dan resistance. Tanpa menggunakan rumus, hitung-hitungan, Anda dapat mengaplikasikan cara ini. Walaupun sederhana bukan berarti tingkat kegunaannya juga berkurang. Bahkan simple line dapat dikatakan “THE EASIEST METHOD BUT EXTREMELY POWERFUL”.

Untuk dapat menentukan batas support dan resistance dengan metode simple line sangatlah mudah. (Untuk batas resistance) Anda cukup melihat harga tertinggi dalam suatu periode lalu menarik garis lurus seperti garis hijau pada gambar di bawah. Garis ini akan memberikan indikasi kepada Anda agar Anda dapat mempunyai prediksi harga untuk hal ini. Seperti gambar di bawah, harga-harga tertinggi dalam periode tertentu inilah yang disebut batas resistance. Demikian juga dengan batas support, Anda cukup melihat batas-batas terendah dalam periode tertentu kemudian Anda tarik garis(lihat garis merah pada gambar di bawah)

supres.gif
Gambar 1 Tampilan Ilustrasi Sup/Res Tunggal

Apa Fungsinya Bagi Anda?

Nah saudara, sesuai dengan pengertian di atas, para trader menggunakan batas support dan resistance untuk memprediksi pergerakan harga. Dengan kata lain, apabila harga sudah mendekati batas support dan resistancenya, Anda perlu waspada karena akan sangat mungkin trend harga berbalik arah. Namun, tidak selamanya juga terjadi demikian. Pergerakan harga menembus juga dapat menembus batas resistance, dan terus melanjutkan pergerakannya, tanpa berbalik arah. Bila hal ini terjadi maka batas resistance yang ditembus tadi otomatis menjadi batas support. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar berikut:

supportresistance.gif
Gambar 2 Tampilan Multi Sup/Res

Harga GBP/USD pada saat chart ini diambil adalah 1.9857. Lihat gambar di atas. Apabila harga kemudian hari menembus batas support 1 (garis yang berwarna merah). Maka batas Support 1 tersebut akan berubah fungsi menjadi Batas Resistance 1 dan Batas Support 2 menjadi Batas Support 1. Demikian juga halnya apabila harga menembus batas resistance.
 

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh

belajarforex.com