Timothy Franz Geithner

User Rating: / 6
PoorBest 

timothy_geithner_treasury.jpgTimothy Franz Geithner (lahir 18 Agustus 1961) adalah Menteri Keuangan Amerika Serikat yang ke 75 dibawah pemerintahan Barack Obama. Sebelumnya, ia menjabat presiden Federal Reserve Bank New York. Posisi Geithner termasuk penting dalam Pemerintah Federal terhadap krisis keuangan yang dimulai setelah Desember 2007. Salah satu tugas khusus Geithner adalah mengarahkan alokasi dana $ 350 milyar yang bersumber dari Wall Street. Beban yang dihadapi Geithner di tahun 2009 ini adalah kelangsungan hidup industri otomotif,restrukturisasi bank-bank, lembaga keuangan dan perusahaan asuransi, pemulihan pasar hipotek, permintaan untuk proteksi, dan perubahan aturan pajak berdasar permintaan Presiden Obama, dan hubungan dengan pemerintah asing yang berurusan dengan krisis keuangan saat ini, seperti kunjungan ke Cina, hadir ke pertemuan G20, G7, dsb.

 

Biografi

Kakek Geithner dari pihak ayah, Paul Herman Geithner (1902-1972),pindah bersama orang tuanya dari kota Jerman Zeulenroda-Triebes ke Philadelphia pada 1908.Ayahnya, Peter F. Geithner, adalah direktur program Ford Foundation untuk zona Asia di New York. Pada awal 1980-an, Peter Geithner mengawasi Ford Foundation program-program keuangan mikro di Indonesia yang dikembangkan oleh Ann Dunham, yang juga ibu dari Presiden Barack Obama. Setidaknya Peter Geithner & Ann Dunham pernah bertemu secara pribadi. Ibu Timothy Geithner, Deborah Moore Geithner, adalah seorang pianis dan guru piano di Larchmont, New York, di mana orangtuanya saat ini berada. Kakek dari pihak ibu, Charles F. Moore, adalah seorang penasihat Presiden Dwight D. Eisenhower dan menjabat sebagai Vice President Public Reletion untuk Ford Motor Company periode 1952-1964.

Geithner dilahirkan di Brooklyn, New York dan menghabiskan sebagian besar masa kanak-kanaknya di luar Amerika Serikat, seperti Zimbabwe, Zambia, India dan Thailand di mana ia menyelesaikan sekolah menengah di Sekolah Internasional Bangkok. Ia masuk Dartmouth College, lulus dengan gelar AB bidang studi pemerintah dan kajian Asia di tahun 1983. Ia juga sempat belajar bahasa Mandarin di Universitas Peking pada 1981 dan di Beijing Normal University pada tahun 1982. Ia memperoleh gelar MA bidang ekonomi internasional dan studi Asia Timur dari Universitas Johns Hopkins School of Advanced International Studies di tahun 1985. Dalam pendidikannya, Ia telah mempelajari kebudayaan Cina dan Jepang.

 

Karir

Geithner bekerja untuk Kissinger Associates di Washington selama tiga tahun dan kemudian bergabung dengan divisi Hubungan Internasional Departemen Keuangan AS pada tahun 1988. Dia melanjutkan untuk melayani sebagai atase di Kedutaan Besar AS di Tokyo. Ia adalah wakil asisten sekretaris untuk IMF (dewan moneter internasional dan kebijakan keuangan) tahun 1995 - 1996, sekretaris asisten deputi senior untuk urusan internasional (1996-1997), asisten sekretaris untuk urusan internasional (1997-1998).

Dia juga adalah Wakil Menteri Keuangan untuk Urusan Internasional (1998-2001) di bawah Menteri Keuangan Robert Rubin dan Lawrence Summers.  Pada tahun 2002 ia meninggalkan Departemen Keuangan untuk bergabung dengan Dewan Hubungan Luar Negeri sebagai Senior Fellow di departemen Ekonomi Internasional. Dia adalah direktur Pengembangan dan Pengkajian Kebijakan Departemen (2001-2003) di International Monetary Fund.

Pada bulan Oktober 2003 pada usia 42, ia menjabat sebagai presiden dari Federal Reserve Bank of New York. Gajinya di tahun 2007 adalah $ 398.200. Sekali di Fed New York, ia menjadi Wakil Ketua Federal Komite Pasar Terbuka. Pada tahun 2006, ia juga menjadi anggota badan penasihat keuangan(Kelompok Tiga puluh) di Washington. Pada Mei 2007 ia bekerja untuk mengurangi modal yang diperlukan untuk menjalankan sebuah bank. ada bulan November ia menolak tawaran Sanford Weill untuk mengambil alih sebagai kepala eksekutif Citigroup. Pada bulan Maret 2008, ia mengatur dan penjualan penyelamatan Bear Stearns, ia memainkan peran penting dalam kedua keputusan untuk menyelamatkan AIG serta keputusan pemerintah untuk tidak menyelamatkan Lehman Brothers dari kebangkrutan, meski akhirnya ia tidak populer setelah membiarkan Lehman Brothers bangkrut. Sebagai pejabat Departemen Keuangan, ia membantu mengelola beberapa krisis internasional pada 1990-an di Brazil, Mexico, Indonesia, Korea Selatan dan Thailand. Geithner percaya, bersama dengan Henry Paulson, Departemen Keuangan Amerika Serikat dapat memberi jawaban yang masuk akal terhadap tanggapan terhadap krisis finansial 2007-2009. Pendapat Paulson soal Geithner adalah sangat luar biasa dari seorang pria muda berbakat, mengerti soal ekonomi pemerintah dan pasar.

{mospagebreak} 

Konfirmasi dari Barack Obama

Presiden terpilih Barack Obama mengumumkan niatnya untuk mencalonkan Geithner untuk menjadi Menteri Keuangan pada 24 November 2008 dan keesokan harinya Geithner ditunjuk sebagai Menteri Keuangan oleh Ketua Komite Keuangan Max Baucus pada 25 November 2008.

 

Friksi dengan Cina

Geithner dan administrasi Obama, tampaknya mengadopsi sikap yang agak konfrontatif terhadap kebijakan ekonomi Cina selama kampanye dan periode nominal. Geithner, dalam komentar tertulis kepada Komite Keuangan Senat, menyatakan bahwa pemerintahan Beijing telah " memanipulasi "mata uangnya dan pemerintahan Obama akan bertindak" agresif dengan "menggunakan" semua jalan diplomatik "untuk mengubah praktek mata uang Cina. Langkah Obama saat ini lebih kuat dibanding dengan langkah George W. Bush. Amerika Serikat menyatakan bahwa tindakan untuk memberi sanksi Cina akan memberi sesuatu yang segar terhadap bisnis Amerika dan krisis keuangan. Pada awal pemerintahan Obama, Departemen Keuangan yang dipimpin oleh Geithner terus memiliki hubungan berbatu dengan Cina. Dalam salah satu perjalanan pada bulan Juni 2009, mahasiswa di Universitas Peking menertawakannya(Geithner-red) untuk mengklaim aset AS di Cina aman-aman saja.

 

Masalah Pajak

Pada persidangan Senat, terungkap bahwa Geithner tidak membayar pajak hasil usaha pribadi sebesar $ 35,000 selama beberapa tahun, meskipun dia telah mengakui kewajiban untuk melakukannya, dan telah mengajukan permintaan, dan diterima, pembayaran setengah utang pajak.Kegagalan untuk membayar pajak wirausaha, sebagian disebabkan oleh cara majikannya melaporkan upah yang tidak sesuai dengan undang-undang pajak , tercatat selama tahun 2006 audit oleh Internal Revenue Service (IRS),di mana nilai pajak pertambahan nilai Geithner mencapai $ 14.847 untuk tahun 2003 dan 2004. Geithner juga gagal membayar pajak wirausaha untuk tahun 2001 dan 2002 (untuk yang undang-undang pembatasan telah habis masa berlakunya) sampai setelah Obama menyatakan niat untuk mencalonkan Geithner untuk menjadi Menteri Keuangan. IRS akhirnya mendenda Geithner sebesar $ 15.000 untuk biaya bunga pajak , tapi tidak didenda karena keterlambatan pembayaran. Dulu, sebagai Presiden Federal Reserve Bank of New York, Geithner adalah seorang yang taat pajak bersama dengan kewajiban lainnya. Dalam sebuah pernyataan kepada panel Senat yang mempertimbangkan pencalonannya, Geithner disebut publik sebagai pembayar pajak yang "ceroboh," "dihindari" dan sering membuat kesalahan yang tidak sengaja", dan ia mengatakan ia ingin "minta maaf kepada panitia untuk menempatkan anda dalam posisi harus menghabiskan begitu banyak waktu dalam hal ini. Geithner bersaksi bahwa ia telah menyiapkan software pajak TurboTax untuk menangani wirausaha pajak ketika pengguna mengidentifikasi dirinya sebagai orang yang bekerja. Geithner mengatakan pada sidang bahwa ia selalu mendapat kesan bahwa ia seorang karyawan, bukan kontraktor wiraswasta, etika ia menjabat sebagai direktur Pengembangan dan Pengkajian Kebijakan Departemen IMF.

 

Geithner disumpah sebagai Menteri Keuangan

Pada tanggal 26 Januari 2009, Senat AS mengukuhkan janji Geithner dengan perolehan suara 60-34. Geithner disumpah sebagai Menteri Keuangan oleh Wakil Presiden Joe Biden dan disaksikan oleh Presiden Barack Obama.

 

Bank bailout

Geithner mempunyai kewenangan untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan dana bailout tahap kedua sebesar 350 milyar dari $ 700 miliar sebagai dana bailout perbankan yang diloloskan Kongres pada Oktober 2008. Dia(Geithner) tidak membutuhkan persetujuan Kongres, tapi pergi ke Kongres pada 10-11 Februari untuk menjelaskan rencananya. Dia mengusulkan untuk membuat satu atau lebih "buruk bank" untuk membeli aset beracun terus, dengan menggunakan campuran dari uang pembayar pajak dan swasta. Dia juga mengusulkan untuk memperluas program pinjaman yang akan menghabiskan sebanyak $ 1 triliun untuk menutupi penurunan dalam penerbitan surat berharga yang didukung oleh pinjaman konsumen. Dia lebih jauh mengusulkan untuk memberikan infus bank modal baru sebagai pinjaman. Sebagai gantinya, bank akan memotong gaji dan tunjangan dari eksekutif dan membatasi dividen dan akuisisi perusahaan. Rencana ini telah dikritik oleh pemenang hadiah Nobel-ekonom Paul Krugman dan juga sebagai sesama pemenang Nobel dan juga mantan Kepala Ekonom Bank Dunia Joseph Stiglitz.

 

17 Juni 2009: Geithner berbicara di sidang Departemen Keuangan Amerika Serikat

Timotius Geitner bersama dengan Presiden Obama mengusulkan sebuah komite birokrasi baru untuk mengawasi operasi oleh FDIC, Federal cadangan, dan SEC. Panitia akan melayani untuk mengkonsolidasikan kontrol atas keuangan pemerintah. Geithner, menyatakan "dengan undang-undang baru di tempat pemerintah akan mampu menguasai lembaga-lembaga bermasalah sebelum terlambat."

{mospagebreak} 

Bonus AIG mengundang kontroversi

Meskipun Presiden Obama menyatakan dukungan kuat untuk Geithner, kemarahan atas bonus AIG telah melemahkan dukungan publik. AIG membayar bonus kepada para eksekutif di divisi Jasa Keuangan setelah menerima lebih dari senilai $ 170 miliar bantuan talangan federal. Bahkan sebelum pemilu, ajudan senior Timothy Geithner memiliki masalah kompensasi termasuk bonus, baik dari waktu sebagai presiden Federal Reserve Bank of New York dan sebagai sekretaris Treasury. Pada awal November, 2008, sebuah komite menyimpulkan bahwa bonus, yang dalam kontrak ditandatangani sebelum pengambilalihan pemerintah, secara hukum tidak bisa diblokir. Pada tanggal 3 Maret 2009, muncul di sidang Dewan Komite Cara dan Sarana Rep Joseph Crowley, seorang partai Demokrat New York, bertanya kepadanya tentang bonus AIG yang akan membayar untuk produk-produk keuangan karyawan "dalam minggu-minggu mendatang." Pada 11 Maret, Geithner & Edward Liddy, kepala AIG, memprotes pembayaran bonus.Geithner dan Ketua Federal Reserve Ben Bernanke menghadiri sidang oleh Kongres pada tanggal 24 Maret 2009.

 

Di Cina : Geithner dengan Menteri Luar Negeri Hillary Rodham Clinton pada pembukaan sesi pertama AS-Cina Strategis dan Dialog Ekonomi pada tanggal 27 Juli 2009.

Geithner bertemu dengan Menteri Luar Negeri Cina Yang Jiechi tak lama setelah ia mengambil perannya sebagai Menteri Keuangan. Geithner mengatakan bahwa AS Yang menempel sangat penting Cina, berbicara serius tentang pemulihan ekonomi dunia. Tim Geithner selama perjalanan ke Cina pada 1 Juni 2009, diajukan pertanyaan dari seorang mahasiswa tentang keamanan investasi Cina berbentuk Treasury AS. Geithner dengan cepat menjawab bahwa nilai obligasi tersebut adalah "Sangat aman",dan Geithner ditertawai oleh penonton. Geithner mengetuai pertemuan tingkat tinggi Strategis dan Dialog Ekonomi US-Cina  dari 27-28 Juli di Washington, dan memimpin Track Ekonomi bagi pihak AS.

 

Keluarga

Ia menikah Carole Sonnenfeld Geithner pada 8 Juni 1985 di orangtuanya di rumah musim panas di Timor Orleans, Mass Pendeta, Thomas Keehn, seorang yang memimpin United Church of Christ. Ms Sonnenfeld Geithner bekerja sebagai associate penelitian Common Cause pada saat pernikahannya dengan Mr Geithner.Ayahnya, Albert Sonnenfeld, adalah seorang profesor sastra Perancis dan komparatif di Princeton University, dan ibunya, Portia Sonnenfeld, adalah konduktor dari Chamber Symphony of Princeton. Geithner dan istrinya membeli sebuah rumah seharga $ 1.635 juta setelah keruntuhan pasar real estat. Setelah berada di pasar selama berbulan-bulan harga rumah dikurangi menjadi $ 1.575 juta. Rumah tersebut disewakan $ 7.500.

Timotius dan Carole Sonnenfeld Geithner memiliki dua anak, Elise (lahir tahun 1991) yang bersekolah di Universitas Stanford, dan Benjamin (lahir tahun 1994).

 

Belajarforex.com says :

Kami memandang Geithner adalah seorang yang melakukan  tough job(tugas sulit) di Amerika saat ini meski memangku jabatan Menkeu. Masalah polemik seperti defisit anggaran akibat perang dan krisis ekonomi, hubungan yang sedikit retak dengan Cina, naiknya harga minyak, positifnya bursa global, depresiasi nilai dollar, dan besarnya nilai obligasi Amerika yang dipegang Cina melebihi $ 3 trilyun adalah pekerjaannya sehari-hari. Belum lagi pengangguran di AS selalu menghiasi data statistik, diikuti juga lesunya sektor konsumsi, sektor barang, jasa, dan perumahan. Yah, selamat bertugas Geithner. Amerika mengaharap banyak padamu.

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Timothy_Geithner

http://www.ustreas.gov/organization/bios/geithner-e.shtml

http://www.ny.frb.org/aboutthefed/orgchart/geithner.html

 

 

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh

belajarforex.com