Lehman Brothers

User Rating: / 11
PoorBest 

 

Didirikan : Montgomery, Alabama, Amerika Serikat (1850)

Pendiri : Henry Lehman, Emanuel Lehman, Mayer Lehman

Status : Sudah tidak beroperasi lagi di kantor terakhir di New York City, New York, Amerika Serikat (2008).

Tokoh kunci perusahaan : Richard S. Fuld, Jr, Mantan (Ketua) & (CEO)

Jenis industri : Jasa Investasi

Produk : Jasa keuangan, Investasi perbankan, dan manajemen investasi

Total karyawan : 26.200 orang(2008)

Website : Lehman.com

Lehman Brothers Holdings Inc (LEHMQ, dengan simbol di NYSE pada 2008 adalah LEH) adalah perusahaan layanan keuangan global, yang menyatakan kebangkrutan pada tahun 2008, berpartisipasi dalam bisnis investasi perbankan, ekuitas dan berpendapatan tetap penjualan, penelitian dan perdagangan, manajemen investasi, ekuitas swasta, dan perbankan swasta. Lehman merupakan agen utama dalam pasar sekuritas Treasury AS. Anak perusahaan utamanya termasuk Lehman Brothers Inc, Neuberger Berman Inc, Aurora Loan Services, Inc, SIB Mortgage Corporation, Lehman Brothers Bank, FSB, Eagle Energy Partners, dan Crossroads Group. Kantor pusat Lehman adalah di di New York City, dengan kantor regional di London dan Tokyo, dan juga kantor cabang pembantu di seluruh dunia.

Pada tanggal 15 September 2008, perusahaan mengajukan perlindungan Bab 11 kebangkrutan yang menyebabkan eksodus besar-besaran sebagian besar klien, kerugian drastis dalam saham, dan devaluasi dari aset lembaga kredit. Pengajuan bangkrut ini merupakan pengajuan kebangkrutan terbesar dalam sejarah AS. Keesokan harinya, bank Inggris Barclays mengumumkan perjanjian untuk membeli, yang berdasar persetujuan untuk membeli divisi unit perdagangan perbankan & investasi beserta bangunan kantor pusat New York. Pada tanggal 20 September 2008, sebuah versi revisi kesepakatan yang disetujui oleh Hakim James Peck.

Pada tanggal 22 September 2008, Nomura Holdings mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi Lehman Brothers yaitu waralaba di kawasan Asia Pasifik, termasuk Jepang, Hong Kong, Australia, dan juga investasi bisnis perbankan dan ekuitas Lehman Brothers di Eropa dan Timur Tengah. Tercatat, dalam tahun 2007, anak perusahaan Lehman Brothers non-AS menyumbang 50% dari pendapatan global yang dihasilkan.

'Manajemen Investasi bisnis Lehman Brothers, termasuk Neuberger Berman, dijual kepada manajemen pada 3 Desember 2008. Kreditor Lehman Brothers Holdings Inc mempertahankan 49% ekuitas umum di perusahaan, sekarang dikenal sebagai Neuberger Berman Group LLC.

 Sejarah

Di bawah keluarga Lehman (1850-1969) : Emanuel dan Mayer Lehman

Pada tahun 1844, seorang anak muda yang berusia 23 tahun yang bernama Henry Lehman, putra seorang pedagang ternak, beremigrasi ke Amerika Serikat dari Rimpar, Bavaria. Ia menetap di Montgomery, Alabama, di mana ia membuka barang toko yang menjual bahan kering yang bernama "H. Lehman". Pada 1847, setelah kedatangan saudaranya Emanuel Lehman, nama tokonya diubah menjadi "H. Lehman dan Bro." Dengan kedatangan adik bungsu mereka, Mayer Lehman, pada tahun 1850, perusahaan berubah nama lagi dan "Lehman Brothers" pun didirikan.

Pada tahun 1850-an, di Amerika Serikat bagian Selatan,kapas merupakan salah satu tanaman yang paling penting. Memanfaatkan kapas nilai pasar tinggi, tiga bersaudara mulai secara rutin menerima kapas mentah dari pelanggan sebagai pembayaran untuk barang dagangan, akhirnya memulai bisnis kedua perdagangan di kapas. Dalam beberapa tahun usaha ini tumbuh untuk menjadi bagian paling penting dari operasi mereka. Setelah kematian Henry dari demam kuning pada 1855, dua bersaudara yang tersisa terus fokus pada kegiatan commodities-trading/brokerage.

Pada 1858, pusat perdagangan kapas telah bergeser dari Selatan ke New York City, di mana rumah-rumah komisi/ broker banyak didirikan. Lehman membuka kantor cabang pertama di New York City didaerah Manhattan di 119 Liberty Street, dan disitulah pusat kegiatan Lehman Brothers. Pada tahun 1862, Lehman Bro. menghadapi kesulitan dalam hal keuangan sebagai akibat dari Perang Saudara,perusahaan bekerja sama dengan pedagang kapas bernama John Durr untuk membentuk Lehman, Durr & Co. Setelah perang barulah rekonstruksi dimulai. Markas perusahaan akhirnya pindah ke New York City, di mana ia membantu mendirikan New York Cotton Exchange pada tahun 1870,Emanuel duduk di Dewan Gubernur sampai 1884. Bisnis Lehman Bro juga berkembang untuk obligasi kereta api dan bisnis penasihat keuangan.

Herbert H. Lehman

Lehman menjadi anggota Bursa Kopi sejak 1883 dan akhirnya menjadi wakil pialang di New York Stock Exchange pada tahun 1887. Pada tahun 1899, tahun pertama transaksi underwritting, saham biasa dari International Steam Pump Company mulai diminati investor.

Meskipun menawarkan saham perusahaan Uap Internasional, perusahaan Lehman Bro mulai bergerak ke bisnis jual beli rumah hingga tahun 1906. Pada tahun itu, di bawah Philip Lehman, perusahaan bermitra dengan Goldman, Sachs & Co, General Cigar Co.,Sears, Roebuck & Company. Selama dua dekade berikutnya, hampir seratus masalah baru yang ditanggung oleh Lehman, berkali-kali dalam hubungannya dengan Goldman, Sachs. Di antara mereka ada FW Woolworth Company,May Department Stores Company, Gimbel Brothers, Inc,RH Macy & Company,The Studebaker Corporation, BF Goodrich Co dan Endicott Johnson Corporation.

Setelah Philip Lehman pensiun pada tahun 1925, anaknya Robert "Bobbie" Lehman mengambil alih sebagai kepala perusahaan. Selama masa jabatan Bobbie, perusahaan didera cuaca krisis modal akibat Depresi Besar dengan berfokus pada modal ventura sementara sebelum pasar ekuitas pulih.

Secara tradisional, tadinya hanya anggota keluarga saja yang boleh masuk dalam kerajaan bisnis, pada tahun 1924 John M. Hancock menjadi orang pertama non-anggota keluarga untuk bergabung dengan perusahaan,diikuti oleh Monroe C. Gutman dan Paul Mazur pada tahun 1927. Tahun 1928, perusahaan pindah ke William Street.

Tahun 1950-an, Lehman melakukan underwritting IPO dari Digital Equipment Corporation.

Pada tahun 1930, Lehman mengunderwrite  penawaran umum dari produsen televisi pertama, DuMont, dan membantu mendanai Radio Corporation of America (RCA). Lehman Bro juga membantu membiayai industri minyak yang berkembang pesat, termasuk perusahaan Halliburton dan Kerr - McGee. Lehman Bro. juga mengatur akuisisi Digital oleh Compaq.

Sebuah kemitraan berkembang (1969-1984)

Robert Lehman meninggal pada tahun 1969 setelah empat puluh empat tahun menjabat sebagai CEO. Setelah kematian Robert,ditambah dengan kurangnya penerus yang jelas dari dalam keluarga perusahaan Lehman mulai dirasakan kesulitan-kesulitan. Pada saat yang sama, Lehman menghadapi tekanan kuat di tengah-tengah lingkungan ekonomi yang sulit pada awal 1970-an. Pada tahun 1972, perusahaan ini menghadapi masa-masa sulit dan pada tahun 1973, Pete Peterson, Chairman dan Chief Executive Officer dari Bell & Howell Corporation, telah dibawa masuk untuk menyelamatkan perusahaan.

Peterson memimpin perusahaan dari kerugian operasi yang signifikan selama lima tahun berturut-turut dan mencatat keuntungan dengan nilai laba diatas ekuitas di antara yang tertinggi di investasi-perbankan industri. Pada awal 1980-an, permusuhan terjadi antara bankir perusahaan investasi dan pedagang.

Merger dengan American Express (1984-94)

Pada tahun 1984, Lehman membeli kepemilikan Shearson / American Express, American Express yang berfokus pada investasi perbankan senilai $ 360 juta. Pada 11 Maret 1984, gabungan perusahaan tersebut bernama Shearson Lehman / American Express. ada tahun 1988, Shearson Lehman / American Express dan EF Hutton & Co bergabung sebagai Shearson Lehman Hutton Inc.

Dari tahun 1983 sampai 1990, Peter A. Cohen adalah CEO dan Ketua dari Shearson Lehman Brothers , di mana dia memimpin pembelian satu miliar dolar dari EF Hutton untuk membentuk Shearson Lehman Hutton. Selama periode itu, Shearson Lehman sangat agresif dalam meningkatkan margin keuntungan dalam bisnis dan bersaing seperti perusahaan Drexel Burnham Lambert. 

Pada tahun 1993, di bawah CEO baru yang baru diangkat, Harvey Golub, American Express mulai untuk melepaskan diri dari operasi perbankan dan broker. Pada tahun 2001, perusahaan memperoleh layanan klien swasta, atau "PCS", bisnis Cowen & Co dan kemudian, pada tahun 2003, agresif kembali memasuki bisnis pengelolaan aset, yang telah dihentikan sejak tahun 1989. Dimulai dari asset $ 2 miliar, perusahaan memperoleh Crossroads Group, divisi pendapatan tetap Lincoln Capital Management dan Neuberger Berman. Bisnis ini bersama dengan bisnis PCS dan ekuitas Lehman , terdiri dari Divisi Manajemen Investasi, yang menghasilkan sekitar $ 3.1 milyar dalam pendapatan bersih dan hampir $ 800 juta pada pendapatan sebelum pajak pada tahun 2007.  Sebelum bangkrut, asset yang dikelola Lehman mencapai $ 275 miliar. Secara keseluruhan, sejak go public pada tahun 1994, perusahaan telah meningkatkan pendapatan bersih lebih dari 600% dari $ 2.73 miliar menjadi $ 19.2 milyar dan telah meningkatkan jumlah tenaga kerja menjadi 230% yaitu dari 8500 menjadi 26.800 pekerja.

Dalam acara ALB China Law Awards tahun 2008, Lehman Brothers mendapat penghargaan :

* Deal of the Year - Pasar Utang Deal of the Year

* Deal of the Year - Pasar Ekuitas Deal of the Year

Respon untuk serangan teroris pada 11 September

Pada 11 September 2001, Lehman menempati tiga lantai One World Trade Center di mana seorang karyawan tewas. Kantor pusatnya di Three World Financial Center rusak berat dan dianggap tidak bisa digunakan dengan banyak jatuhnya puing-puing, dan memberhentikan sementara 6500 karyawan. Operasi perdagangan pindah ke seberang Sungai Hudson ke Jersey City, New Jersey, dimana gedung baru mulai dibangun kurang dari empat puluh delapan jam setelah serangan. Ketika pasar saham dibuka kembali pada 17 September 2001, aktifitas penjualan dan perdagangan Lehman pun dipulihkan. Dalam bulan-bulan berikutnya, perusahaan menyebar operasinya di New York City area metropolitan di lebih dari empat puluh lokasi sementara. Terutama, investasi-divisi perbankan dikonversi lantai pertama lounge, restoran, dan semua dari 665 kamar Sheraton Manhattan Hotel ke ruang kantor. Bank juga bereksperimen dengan flextime (untuk berbagi ruang kantor) dan telemarketing melalui jaringan pribadi virtual.

Pada Oktober 2001, Lehman membeli 32 hektar, 1.050.000 kaki persegi (98.000 m2) bangunan kantor dengan nilai $ 700 juta. Bangunan, yang terletak di Seventh Avenue 745, berdekatan dengan kantor Morgan Stanley,terletak hanya dua blok di 1585 Broadway. Lehman menempatkan lebih dari 10.000 karyawan di kawasan Times Square New York City. Lehman mulai bergerak ke fasilitas baru pada bulan Januari dan selesai pada Maret 2002, suatu langkah yang secara signifikan meningkatkan semangat kerja di seluruh perusahaan.

Perusahaan itu dikritik karena tidak bergerak di Manhattan. Setelah serangan, hanya Deutsche Bank, Goldman Sachs, dan Merrill Lynch dari perusahaan-perusahaan besar yang tetap di pusat kota.

Pada tahun 2003, Lehman Brothers adalah salah satu dari sepuluh perusahaan yang secara bersamaan masuk ke dalam penyelesaian dengan Securities and Exchange Commission (SEC), Kantor Negara Bagian New York Jaksa Agung dan berbagai regulator sekuritas lainnya, tentang pengaruh yang tak pantas atas masing-masing perusahaan riset analis oleh divisi perbankan investasi. Secara khusus, regulator menyatakan bahwa perusahaan itu tidak layak kompensasi analis terkait dengan perusahaan investasi-pendapatan perbankan, dan berjanji menguntungkan, riset pasar bergerak cakupan, sebagai imbalan atas kesempatan underwriting.

Krisis Subprime mortgage

Pada Agustus 2007, perusahaan menutup pemberi pinjaman subprime, BNC Mortgage,dengan menghapus piutang 1.200 posisi di 23 lokasi, dan mengambil biaya setelah pajak sebesar $ 25 juta dan yang $ 27 juta pengurangan dengan niat baik. Lehman mengatakan bahwa kondisi pasar buruk di ruang hipotek "mengharuskan adanya pengurangan substansial dalam sumber daya dan kapasitas dalam ruang subprime".

Pada tahun 2008, Lehman menghadapi kerugian yang belum pernah terjadi sebelumnya yang masih terus berlangsungnya krisis subprime mortgage.Lehman kehilangan itu tampaknya akibat setelah memegang pada posisi(surat hutang) besar di subprime. Dalam setiap peristiwa, kerugian besar diperoleh di bawah-rated mortgage-backed securities selama tahun 2008. Pada kuartal fiskal kedua, Lehman melaporkan kerugian sebesar $ 2,8 milyar dan dipaksa untuk menjual $ 6 miliar assetnya. Pada paruh pertama tahun 2008 saja, saham Lehman turun 73% dari nilai pasar. Pada Agustus 2008, Lehman melaporkan bahwa pihaknya telah memberhentikan 6% dari tenaga kerja, 1.500 orang, pada kuartal ketiga batas waktu pelaporan pada bulan September.

Pada tanggal 22 Agustus 2008, saham di Lehman ditutup naik 5% (16% untuk satu minggu) karena adanya spekulasi Korea Development Bank sedang mempertimbangkan membeli Lehman Bro. Pada 9 September, saham Lehman merosot 45% menjadi $ 7,79, setelah perusahaan Korsel tersebut membatalkan perjanjian untuk membeli.

Tanggal 17 September 2008, Swiss Re memperkirakan keseluruhan rugi Lehman Brothers mencapai CHF 50 juta.

Kepercayaan investor terus turun karena saham Lehman kehilangan kira-kira setengah nilainya dan mendorong S & P 500 turun 3,4% pada 9 September. Dow Jones kehilangan 300 poin hari yang sama karena investor merasa khawatir akan keamanan bank. Pemerintah AS tidak mengumumkan rencana apapun untuk membantu dengan segala kemungkinan yang muncul krisis keuangan di Lehman.

Keesokan harinya, Lehman mengumumkan kerugian $ 3,9 miliar dan niat mereka untuk menjual saham mayoritas dalam manajemen investasi-usaha, termasuk Neuberger Berman. Saham turun tujuh persen hari itu. Lehman, setelah sebelumnya menolak pertanyaan soal penjualan perusahaan, dilaporkan mencari pembeli lagi, dan akibatnya harga saham turun lagi 40 persen pada 11 September 2008.

Tepat sebelum runtuhnya Lehman Brothers, eksekutif di Neuberger Berman mengirim e-mail yang berisi bahwa Lehman Brothers 'atas orang-orang melupakan multi-juta dolar bonus untuk "mengirim pesan kuat untuk tidak melalaikan tanggung jawab terhadap karyawan dan investor.

Direktur Manajemen Investasi Lehman Brothers George Herbert Walker IV dan meminta maaf ke publik, "Maaf tim. Saya tidak yakin apa yang ada di dalam air di Neuberger Berman. Aku malu dan aku minta maaf."

Kepailitan Lehman Brothers

Pada hari Senin, 13 September 2008, Timothy F. Geithner, presiden Federal Reserve Bank of New York mengadakan rapat mengenai masa depan Lehman, termasuk kemungkinan untuk melikuidasi asetnya. Lehman melaporkan bahwa telah melakukan pembicaraan dengan Bank of America dan Barclays untuk membeli Lehman, tapi keduanya menolak.

International Swaps and Derivatives Association (ISDA) menawarkan sesi perdagangan yang luar biasa pada 14 September 2008, untuk pasar memungkinkan peserta untuk mengimbangi posisi di berbagai derivatif pada kondisi dari kebangkrutan Lehman kemudian hari. Walaupun pengajuan kebangkrutan perlu waktu, banyak dealer perdagangan menghormati keputusan tersebut.

Di New York, tidak lama sebelum jam 1 pagi tanggal 15 September 2008, karena terdapat utang sebesar $613 milyar, $ 155 miliar utang obligasi, dan aset senilai $ 639 miliar. Anak perusahaan Lehman Brothers beroperasi seperti biasa.

Pagi hari Senin, September 15 menyaksikan adegan karyawan Lehman menghapus file, item dengan logo perusahaan, dan barang-barang lainnya dari kantor pusat dunia di 745 Seventh Avenue. Pemandangan terus sepanjang hari dan ke hari berikutnya.

Kebangkrutan Lehman adalah kegagalan terbesar dari sebuah bank investasi seperti yang sebelumnya pernah ada Drexel Burnham Lambert sejak ambruk di tengah tuduhan penipuan 18 tahun sebelumnya. Di Australia, anak perusahaan sebagai pelaku pasar Lehman yaitu Australian Securities Exchange (ASX) dihentikan kegiatan usahanya.

Saham Lehman jatuh lebih dari 90% pada tanggal 15 September 2008. Dow Jones ditutup turun 500 poin pada 15 September 2008, yang merupakan penurunan terbesar dalam satu hari, sejak serangan pada 11 September 2001.

Di Inggris, kantor Lehman Brother diakuisisi oleh PricewaterhouseCoopers. Di Jepang, cabang Jepang, Lehman Brothers Japan Inc, dan perusahaan holding terkait dinyatakan bangkut oleh pengadilan sipil pada 16 September 2008, di pengadilan Kabupaten Tokyo.

Pada 16 September 2008, Barclays plc mengumumkan bahwa mereka akan memperoleh "aktiva bersih" dari Lehman sebesar US $ 1,75 miliar, termasuk sebagian besar laba operasi Lehman di Amerika Utara. Pada tanggal 20 September, transaksi ini disetujui oleh Hakim Kepailitan AS James Peck. Pada tanggal 17 September 2008, account dan nama Lehman Brothers dihapuskan dalam daftar perdagangan di New York Stock Exchange.

Pada 17 September 2008, Paulus Brough, Edward Middleton, dan Patrick Cowley dari KPMG cina menjadi likuidator sementara terhadap Lehman untuk dua unit perusahaan Lehman berbasis di Hong Kong, yaitu Lehman Brothers Securities Asia Limited dan Lehman Brothers Futures Asia Limited. Mereka juga ditunjuk sebagai likuidator sementara perusahaan Lehman Brothers Hong Kong yaitu Lehman Brothers Asia Holdings Limited, Lehman Brothers Asia Limited dan Lehman Brothers Commercial Corporation Asia Limited pada tanggal 18 September 2008.

Nomura Holdings, perusahaan pialang Jepang, setuju untuk membeli divisi Asia Lehman Brothers sebesar $ 225 juta dan bagian dari divisi Eropa. Nomura menegosiasikan harga yang rendah karena hanya akan mengakuisisi pegawai Lehman di daerah, dan bukan saham, obligasi atau aset lainnya. 

Tuduhan Short selling

Selama dengar pendapat tentang pengajuan kepailitan Lehman Brothers dan bailout AIG di depan Dewan Komite Pengawasan dan Reformasi Pemerintah, mantan CEO Lehman Brothers Richard Fuld mengatakan sejumlah faktor termasuk krisis kepercayaan dan isu short selling berkontribusi besar terhadap runtuhnya Bear Stearns dan Lehman Brothers. Ketua Komite Henry Waxman mengatakan, panitia menerima ribuan halaman dokumen internal dari Lehman dan dokumen-dokumen ini menggambarkan perusahaan di mana "tidak ada akuntabilitas untuk gagal".

Sebuah artikel oleh Matt Taibbi wartawan di Rolling Stone berpendapat bahwa short selling  benar-benar telah membuat kematian Lehman dan Bear Stearns.

Pada 20 September 2008, , sebuah versi revisi dari kesepakatan, sebesar $ 1.35 milyar £ 700 juta) rencana untuk Barclays untuk mendapatkan bisnis inti Lehman (terutama yang $ 960-juta kantor pusat, 38 bangunan kantor di Midtown Manhattan, dan 9000 orang mantan karyawan), disetujui. Hakim pengadilan Manhattan James Peck, setelah 7-jam mendengar, memerintah: "Aku harus menyetujui transaksi ini karena ini adalah satu-satunya transaksi yang tersedia. Lehman Brothers menjadi korban, dalam satu-satunya efek ikon benar jatuh dalam tsunami yang telah menimpa pasar kredit. Ini adalah sidang kepailitan paling penting yang pernah terjadi. Ini tidak pernah dapat dianggap preseden bagi kasus-kasus di masa depan. Sulit bagi saya untuk membayangkan kejadian yang serupa seperti ini lagi.

Pada 29 September 2008, Lehman setuju untuk menjual Neuberger Berman kepada sepasang perusahaan ekuitas swasta, Bain Capital Partners dan Hellman & Friedman, sebesar $ 2.15 miliar. Transaksi ini diharapkan untuk menutup pada awal 2009, sesuai dengan persetujuan Pengadilan Kepailitan AS.

Kejatuhan Lehman juga memiliki efek yang kuat pada investor swasta kecil seperti pemegang obligasi dan pemegang obligasi kecil atau Mini Bond. Produk terstruktur di Jerman sering didasarkan pada indeks sebagian besar dijual kepada investor swasta, pensiunan orang tua, mahasiswa dan keluarga. Kebanyakan dari produk mereka sekarang adalah derivatif tak berharga yang dijual oleh Citigroup Jerman,Citibank Jerman, dan kini dimiliki oleh perusahaan reksadana.

Segera setelah pengajuan kebangkrutan, yang sudah menekan pasar keuangan mulai periode ekstrim, di mana Dow mengalami suatu hari yang terbesar hilangnya lebih dari 1000 poin. Yang terjadi selanjutnya adalah apa yang banyak yang disebut "badai sempurna" faktor kesulitan ekonomi dan akhirnya paket bailout $ 700 milyar (Troubled Asset Relief Program) disiapkan oleh Henry Paulson, Menteri Keuangan, dan disetujui oleh Kongres. Dow akhirnya ditutup pada titik terendahnya di 7,552.29 pada 20 November.

Dewan Direksi Lehman Brother pada detik-detik jelang pailit adalah :

* Richard S. Fuld, Jr, Chairman dan Chief Executive Officer(CEO)

* Michael L. Ainslie 

* John F. Akers 

* Roger S. Berlind 

* Thomas Cruikshank 

* Marsha Johnson Evans 

* Sir Christopher Gent 

* Roland A. Hernandez 

* Dr Henry Kaufman 

* John D. Macomber 

Mantan Pejabat

* Richard S. Fuld, Jr

* Tom Russo

* Scott J. Freidheim

* Bart McDade

* Joe Gregorius

* Ion Lowitt

* Jessie Bhattal

* Jeremy Isaacs (bukan Sir Jeremy Issacs produser televisi Inggris)

* Skip McGee

* George Walker

* Michael Gelband

Belajarforex.com says

Disaat kondisi tak menentu, manajemen Lehman Brothers tidak waspada mengenai pihak-pihak yang termasuk kategori Sub Prime atau pihak yang tidak sanggup membayar kredit/cicilan. Surat hutangnya si subprime sudah berpidah ke mana-mana. Saat meledak, Lehman mengalami kesusahan dan kesialan besar yaitu bangrut. Efeknya kita rasakan bersama yaitu IHSG sampai ke level 1400, dollar menguat hingga ke 12000 Rupiah, dan efeknya dalam Forex : AUD turun dari Juli - September 2008 sebesar 3800 poin, EUR turun 3700, GBP lebih dari 7000 poin terhadap USD & Yen.

Bersyukur, di tahun 2009 ini tidak ada yang mengikuti jejak langkah Lehman Brothers, dan investor global mulai mempercayai pemulihan itu sudah terjadi tahun ini. AUD sudah naik 3000 poin dari titik terendahnya September 2008 terhadap USD & Yen, diikuti Euro 2600 poin, dan GBP 3000 poin. Masyarakat trader sudah menjual banyak dollar & Yen nya untuk membeli saham. Rupiah pun sudah dibawah 10.000 saat ini, bukti bahwa pemulihan global mulai terasa di Indonesia. Omong-omong, mumpung dollar sudah dibawah Rp 10 ribu, Anda dapat mempercepat masa demo account Anda, dan segera membuka Live Account di pialang rekanan Belajarforex.com yaitu Gain Capital atau MBTrading, hehe...(jadi promosi yakh...)

Kita harapkan bersama pemulihan ekonomi dunia saat ini dapat berkelanjutan. Kami bermimpi, ada anak muda Indonesia yang mendirikan perusahaan sekaliber Lehman Brothers yang produknya adalah : Jasa keuangan, Investasi perbankan, dan manajemen investasi. Pastinya ada badan pemerintah seperti Bappebti atau Bapepam yang mengawasi.

Menarik karena bidang jasa investasi mulai diminati banyak orang akhir-akhir ini. Setiap orang butuh investasi, terutama para karyawan, CEO, ibu rumah tangga, pelajar dan juga mahasiswa.

Bagaimana pembaca, apakah Anda berniat untuk mendirikan perusahaan sekaliber Lehman Brothers di Indonesia?

Related Link :

http://en.wikipedia.org/wiki/Lehman_Brothers

http://www.Lehman.com/
 

 

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh